Minggu, 26 Juni 2016

Analisis Jurnal 2 - Tugas Softskill



Tema              : IFRS
Judul              : PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP ADOPSI SUKARELA INTERNATIONAL FINANCIAL REPORTING STANDARDS DI INDONESIA
Nama Peneliti : Novita Indrawati
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan, struktur kepemilikan, profitabilitas, leverage, aktivitas internasional dan reputasi auditor terhadap adopsi sukarela International Financial Reporting Standards (IFRS) di Indonesia. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010, yaitu sebanyak 345   perusahaan.
Metode   pengambilan   sampel   adalah   dengan   menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan  regresi  logistic.  Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa karakteristik perusahaan berupa ukuran perusahaan, struktur kepemilikan, profitabilitas, aktivitas internasional dan reputasi auditor berpengaruh secara signifikan terhadap adopsi sukarela IFRS, sedangkan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap adopsi sukarela IFRS.
Kesimpulan    :
Berdasarkan hasil penelitian menggambarkan hanya sebagian kecil dari perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia yang mengadopsi IFRS secara sukarela, meskipun IFRS dianggap sebagai suatu standar akuntansi internasional yang berkualitas tinggi. Pengadopsian suatu standar adalah mempertimbangkan antara manfaat dan biaya.Dalam penelitian ini variabel ukuran perusahaan, struktur kepemilikan asing, profitabilitas, aktivitas internasional dan reputasi auditor berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk mengadopsi IFRS  secara  sukarela.  Sedangkan  untuk  variabel  leverage  tidak  berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan perusahaan untuk mengadopsi IFRS secara sukarela.

Sumber : Jurnal Akuntansi, Vol. 2, No.2, April 2014 : 114-126

Tulisan ini untuk memenuhi Tugas Softskill Mata Kuliah Akuntansi Internasional
Nama   : P.E.Ayu
Dosen  : Jessica Barus, SE, MMSI.
Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar