Minggu, 26 Juni 2016

Analisis Jurnal 1 - Tugas Softskill



Tema             : Manajemen Risiko
Judul            : PENGARUH MANAJEMEN RISIKO TERHADAP KINERJA ORGANISASI (Studi pada Dana Pensiun Pemberi Kerja di Wilayah Jabar-Banten)

Nama Peneliti : Rini Lestari
Dana   Pensiun   sebagai   badan   hukum   yang   mengelola   kekayaan   dan menjalankan program pensiun yang menjanjikan manfaat pensiun untuk memelihara kesinambungan penghasilan bagi para pesertanya, pada periode purna kerja, sangat rentan  terhadap  risiko.  Dalam  konteks  pengelolaan  Dana  Pensiun,  risiko  yang dihadapi   adalah   masalah   ketidakcukupan   dana   yang   pada   gilirannya   dapat mengganggu pemenuhan kewajiban Dana Pensiun untuk membayar hak-hak peserta untuk menerima manfaat pensiun. Mengimplementasikan manajemen risiko di Dana Pensiun,  dapat  membantu  Pengurus  Dana  Pensiun  dalam  meningkatkan  kinerja organisasi di Dana Pensiun.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan manajemen risiko terhadap   kinerja   organisasi.   Penelitian   ini   mengukur   sejauhmana   penerapan manajemen risiko  dalam  membantu  menjalankan  fungsi manajerial  yang  penting sehingga   dapat  meningkatkan  kinerja  organisasi. Hasil  penelitian  menunjukkan bahwa:  penerapan   manajemen  risiko   berpengaruh  signifikan  terhadap   kinerja organisasi  pada  Dana  Pensiun  Pemberi  Kerja  yang  menyelenggarakan  Program Pensiun Manfaat Pasti di seluruh Jawa Barat-Banten
Penelitian ini dilakukan pada Dana Pensiun dengan Program Pensiun Manfaat Pasti di  wilayah Jawa Barat-Banten,  sehingga hasilnya tidak dapat digeneralisasi untuk konteks  yang  lainnya.  Temuan  dari penelitian  ini  memperkuat  pentingnya penerapan manajemen  risiko dalam meningkatkan kinerja organisasi.Penelitian ini berkontribusi terhadap kajian literatur yang sangat sedikit dalam menguji hubungan yang signifikan antara penerapan manajemen risiko dan kinerja organisasi.
Kesimpulan    :
Manajemen risiko berpengaruh signifikan terhadap kinerja   organisasi   pada  Dana  Pensiun  Pemberi  Kerja  yang  menyelenggarakan Program  Pensiun  Manfaat  Pasti  di  seluruh  Jawa  Barat-Banten.  Namun  besaran pengaruhnya  tidaklah   tinggi,   hal  ini  menunjukkan  adanya  variabel  lain  yang mempengaruhi kinerja organisasi seperti strategi, kualitas dan komitmen manajer.

Sumber : JURNAL RISET AKUNTANSI DAN BISNIS, Vol.13, No.2/September 2013

Tulisan ini untuk memenuhi Tugas Softskill Mata Kuliah Akuntansi Internasional
Nama   : P.E.Ayu
Dosen  : Jessica Barus, SE, MMSI.
Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar